Kopi dapat menjadi dorongan atau penyemangat untuk mencari inspirasi atau meningkatkan konsentrasi bagi penikmatnya

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS "Peluang jasa pengetikan"

♠ Posted by Unknown at Jumat, Maret 04, 2016
Abstrak

Bagi kalian mahasiswa yang sering pengangguran saat tiada jam kuliah. Bisnis ini sangat cocok untuk mengisi waktu luang, yaitu rental pengetikan yang sangat diperlukan bagi mahasiswa lain saat diberi tugas oleh dosen ataupun keperluan lain. Dan tentunya bisa dipercaya oleh tersebut karena tugas bagi mahasiswa adalah penting.

Peluang jasa pengetikan

Beberapa alasan dapat menjadi jawaban untuk memulai usaha ini. Seperti yang ketahui bersama, tidak semua orang memiliki mesin ketik apalagi komputer. Anda yang memiliki, tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk mengerjakannya. Kebutuhan pengetikan dokumen terjadi hampir setiap hari. Keterampilan dan besarnya modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini relatif mudah dan terjangkau.

Siapkan kebutuhan perangkat keras yang dibutuhkan seperti satu set komputer, satu set printer, plang nama atau neon box, kertas HVS dan buku catatan transaksi. Bila modal untuk kebutuhan komputer juga belum tersedia, masih bisa disiasati dengan pergi ke tempat rental komputer untuk menyelesaikan order.

Modal yang diperlukan dalam 
peluang usaha ini adalah perangkat komputer, satu set printer, kertas HVS, alat administrasi, plang nama dan modal untuk biaya operasional lainnya. 

Beberapa hal yang perlu dilaksanakan dalam bisnis terima  Jasa Pengetikan ini, yaitu pahami dengan jelas "apa sebenarnya yang dikehendaki pelanggan", tentang output-nya, konfirmasi detail order yang diterima karena untuk mengurangi risiko kesalahpahaman sebelum memulai order ketikan. Usahakan menyelesaikan order tepat waktu sesuai dengan kesepakatan, bila "kebanjiran" order, kurangi risiko dengan menolak order melebihi kemampuan beban kerja atau bila memungkinkan cari SDM instan baru (kerabat, sanak family atau teman dan sebagainya) untuk membantu menyelesaikan order yang berlimpah dan buatlah kebijakan penempatan harga yang kompetitif, dapat bersaing dengan pelaku usaha lainnya yang serupa.


Untuk usaha rental atau pengetikan komputer, usahakan hal-hal lain seperti terima order sesuai kemampuan personil, order selesai sesuai dengan pesanan konsumen, pengolala setidaknya memiliki kemampuan office dan teknik komputer untuk mengatasi masalah yang timbul dapat menghambat pekerjaan, untuk konsumen pelajar usahakan memberitahukan prediksi biaya agar bisa menyesuaikan dengan kemampuan konsumen dan usahakan pula memberitahukan biaya order sebelum menerima order untuk menghindari kesalahpahaman.

Buat promosi kecil dengan menyebarkan brosur, pamflet, menempelkan poster promosi ditempat-tempat umum, membagikan kartu nama atau memasang neon box didepan lokasi usaha. Beberapa kendala yang kerap dialami oleh pebisnis biasa terima ketikan adalah keterlambatan pelanggan dalam mengambil naskah yang sudah jadi, keterlambatan atau tidak tepat waktu dan kualitas pengetikan.

Karena ini termasuk usaha jenis jasa maka utamakanlah kepuasan pelanggan. Ini bisa membantu membangun citra atau image positif bagi usaha yang sedang di rintis. Peluang usaha lain seperti menerima jasa print, menyewakan komputer, menjual alat tulis sekolah dan perlengkapan komputer seperti tinta print, flashdiks serta CD.

Analisis ekonomi
Modal awal :
Peralatan
Komputer 2 unit @Rp 3.000.000                    Rp 6.000.000
Meja komputer dan kursi                               Rp 600.000
Printer dan scaner                                        Rp 2.000.000
Kipas angin                                                  Rp 300.000
Jumlah                                                        Rp 8.900.000

Penyusutan peralatan selama 4 tahun pemakaian
1/48 X Rp 8.900.000    =                             Rp 18.600

Biaya-biaya :
Listrik dan telepon                                       Rp 200.000
Biaya promosi                                             Rp 100.000
Alat tulis dan kertas                                     Rp 500.000
Biaya operasional lainnya                             Rp 200.000
Biaya penyusutan                                        Rp 18.600
Jumlah                                                       Rp 1.018.600

Pendapatan :
1000 halaman X Rp 2.500                           Rp 2.500.000

Keuntungan :
Pendapatan - Biaya-biaya
Rp 2.500.000 - Rp 1.018.600    =                Rp 1.481.400

Referensi : http://www.jitunews.com

0 komentar:

Posting Komentar