Kopi dapat menjadi dorongan atau penyemangat untuk mencari inspirasi atau meningkatkan konsentrasi bagi penikmatnya

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS "Membuka Cafe"

♠ Posted by khoirus surur at Jumat, Maret 04, 2016
Abstrak

Karya tulis ini di buat untuk memenuhi tugas Lingkungan Bisnis dan membantu pembaca menentukan suatu peluang bisnis yang tidak memerlukan terlalu banyak modal dan tergolong bisnis yang mudah di geluti. Bisnis yang di maksud adalah bisnis Café coffe. Bisnis ini sudah banyak di geluti dan tentunya di setiap Cafe memiliki ciri khas tersendiri . Dan  yang di tawar kan pun beraneka ragam contoh nya seperti hotspot cepat ,tempat yang indah dan sejuk atau makanan yang menjadi ciri khas Kafe tersebut. Di harapkan dengan di setujuinya hasil karya ilmiah saya
ini, dapat menambah wawasan pembaca untuk menentukan bisnis yang tergolong mudah dan menguntungkan.





Tips membuka Café
Jika Anda berminat untuk membuka usaha cafe, namun terkendala dengan modal yang minim, Anda tidak perlu ragu atau menyerah, Anda dapat mendirikan cafe yang sederhana sebagai awal mula usaha Anda. Berikut adalah tips usaha cafe bermodal minim beserta tips cara untuk memulainya :
1.Tempat / Lahan Bangunan Cafe
Jika Anda telah memiliki tempat atau lahan sendiri, maka hal tersebut akan mengurangi modal karena Anda tidak perlu menyewa atau membeli tanah untuk mendirikan usaha cafe Anda. Terlebih lagi apabila lahan yang Anda miliki terletak di kawasan yang strategis seperti pinggiran jalan raya, dekat dengan mall, atau di tempat yang sering ramai dikunjungi orang banyak. Namun apabila Anda belum memiliki lahan sendiri, Anda dapat menyewa tahunan lahan yang cukup untuk Anda dapat membuka cafe Anda.
2. Menu Makanan dan Minuman
Menu merupakan suatu hal yang terpenting dalam menjalankan usaha makanan dan minuman seperti cafe. Pada umumnya banyak sekali cafe yang mengedepankan fasilitas dan suasana cafe sehingga lupa akan kualitas makanan dan minuman yang disajikan. Jika Anda memiliki cafe kecil-kecilan, maka Anda tidak perlu memiliki menu makanan dan minuman yang banyak. Cukup dengan beberapa menu andalan Anda yang terpenting adalah kualitas rasa dan kebersihannya. Anda juga dapat menambahkan menu-menu yang unik hasil kreasi dapur Anda sendiri yang tidak disediakan ditempat manapun kecuali di cafe Anda.
3. Fasilitas yang Murah Meriah
Akhir-akhir ini, banyak sekali cafe yang menawarkan berbagai macam fasilitas seperti sofa yang empuk, colokan listrik, hingga wi-fi gratis agar para pengunjung betah disana. Perlu Anda ketahui hal diatas dapat membuat pengeluaran Anda menjadi besar. Cukup dengan memberikan terobosan kursi dari kayu atau bahan unik lainnya agar cafe Anda terkesan beda dengan cafe lainnya sehingga akan menarik minat konsumen.
4. Meminimalisir Jumlah Karyawan
Bagi Anda yang mendirikan usaha cafe namun tidak berlatar belakang sebagai juru masak ataupun yang bersangkutan dengan dapur, artinya Anda perlu mempekerjakan seorang koki untuk masalah dapur. Anda sendiri dapat berperan sebagai pelayan bagi cafe Anda. Selain Anda dapat mengenal lebih jauh segmen pelanggan Anda, Anda juga dapat menghemat anggaran biaya untuk gaji karyawan.
5. Trik Marketing Hemat
Pemasaran atau promosi di radio, koran dan media televisi besar lainnya memang efektif dan dapat mencakup kalangan banyak, namun juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bagi Anda yang memiliki usaha cafe kecil-kecilan dapat menggunakan cara marketing lain yang sama efektifnya tetapi juga menghemat biaya. Dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter dan lainnya, Anda dapat menyebarkan informasi mengenai cafe Anda. Dan perlu Anda ketahui, trik marketing yang paling efektif merupakan dari mulut ke mulut. Karena itu, Beritahukan orang-orang yang Anda kenal bahwa Anda memiliki usaha cafe dan Anda juga dapat mengundang mereka agar mereka juga dapat merekomendasikan usaha Anda ke kolega mereka lainnya.

Referensi : http://blog.mokapos.com

0 komentar:

Posting Komentar